sekedar pet crepet

Monday, July 16, 2007

Promosi Statistika Lewat Pertandingan Bola

Beberapa tahun lalu, terkadang agak ragu pada saat seseorang menanyakan jurusan kuliah apa yang aku ambil. Betapa tidak, begitu aku sebut Jurusan Statistika tidak sedikit yang nanya lagi, “statistika itu apa?” atau malah mengulang pertanyaan “jurusan apa?” (sambil terlihat seperti belum pernah denger kata statistika).

Sekarang enggak lagi. Terima kasih pada televisi yang banyak nayangin siaran langsung sepak bola. Paling enggak ada dua kali kata statistik muncul, yaitu pas istirahat setelah babak pertama dan pas pertandingan berakhir. Ya…. minimal sudah semakin berkurang orang yang belum pernah tahu kata statistik.

Hebatnya lagi, para komentator sepakbola kita sudah sedemikian mahir memberikan ulasan terhadap statistik pertandingan yang ditampilkan. Banyak fakta yang dapat mereka ungkapkan dari angka-angka tersebut. Komentar mereka tidak lagi sekedar ‘kayaknya stamina para pemain sudah habis’, atau ‘pertahanan kesebelasan ini buruk sekali’.

Tapi…. kemarin ada seorang bapak-bapak ngajak ngobrol
‘ Kerja dimana?’, aku jawab ‘di IPB, pak’.
‘Bagian apa?’, dengan pe-de aku jawab ‘di Departemen Statistika’
Lalu beliau bales ‘oh…. yang buat ngitung-ngitung pelanggaran di sepak bola itu ya…’
capeeeee dehh.

6 Comments:

  • hihihi...

    By Blogger Diana Indah, At 7:52 AM  

  • hihihihihi...seharusnya lo bilang gus, itu kalo saya nyambi jadi wasit :D

    By Blogger Wardha, At 10:34 AM  

  • wkwkwkwkwk...

    By Anonymous Anonymous, At 11:41 AM  

  • Haha.. lucu juga tuh si Bapak (jenny)

    By Anonymous Anonymous, At 5:51 PM  

  • Saya juga pernah ngalami.

    "Kuliah dimana, de ?"
    "IPB pa. ngambil jurusan statistik?"
    "oooo...statistik apaan sih?"
    "???"

    Kunjungi blog saya di SINI

    By Anonymous Anonymous, At 12:27 PM  

  • kalo saya pernah YM-an ma org:
    "what's your major?"
    "statistics"
    "oh, you are a 'brainiac'"

    bisa jelasin artinya gak pa..??
    koq dia 'ngatain' saya gitu seeh..??

    By Blogger Widya Ningsih, At 5:27 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home