sekedar pet crepet

Tuesday, March 20, 2007

Konsumsi alkohol kunci pembangunan manusia?

Apa benar kalau negara ini maju, maka konsumsi alkohol musti naik? Ceritanya begini. Mumpung lagi gak dikejar deadline apapun, aku coba iseng-iseng buka www.nationmaster.com, salah satu web yang aku sampaikan ke mahasiswa untuk jadi rujukan kalau nyari data level negara.

Beberapa data aku copy dan hitung korelasi antar variabel. Ada hal yang cukup mengagetkan juga. Salah satu variabel yang aku libatkan adalah HDI (human development index, indeks pembangunan manusia, IPM). Apa hasilnya?
1. Korelasi antara HDI dengan tingkat konsumsi fruit-juice: 0.0501 (18 negara)
2. Korelasi antara HDI dengan tingkat konsumsi soft-drink: 0.3702 (18 negara)
3. Korelasi antara HDI dengan tingkat konsumsi alkohol: 0.4389 (30 negara)

Ternyata dari tiga jenis minuman, yang korelasinya paling kuat dengan HDI adalah minuman beralkohol. Apa ini artinya? I'll let you have your own comment.

5 Comments:

  • Mainan berbahaya nih. Mestinya disebutkan korelasi tersebut apakah selalu berbanding lurus atau bisa sebaliknya... Btw, saya lebih kuat nenggak bir daripada menghisap rokok... :D

    By Blogger Adhi Widjajanto, At 12:48 PM  

  • Mungkin berati minuman beralkohol bisa nambah passion...mungkin lhooo...

    By Blogger Diana Indah, At 8:28 AM  

  • Kalo menurut saya ..cara pandang yang mungkin adalah HDI di negara maju memiliki korelasi korelasi positive terhadap tingkat konsumsi "minuman beralkohol yang terdaftar" .. Jadi semakin maju negara tersebut, maka tingkat konsumsi minuman beralkohol yang terdaftarnya semakin tinggi .. sekali lagi minuman beralkohol terdaftar yang harganyapun sangat mahal sebagai konsekuensi cukai yang dibebankan oleh negara ......... Sebenarnya di Indonesia tinggat konsumsinya minuman beralkoholnya juga tinggi, cuman ya itu ..yang diminum jenis ciu, tuak, arak dll hehehe....so nggak bisa ditacking .. :-)

    By Anonymous Anonymous, At 10:02 AM  

  • Menurutku mah...Korelasi tidak mengindikasikan hubungan sebab akibat..Jadi kalo HDI di negara maju berkorelasi tinggi dengan tingkat konsumsi minuman beralkohol...bukan berarti jika minuman beralkohol yg menyebabkan HDI menjadi tinggi..kita hanya tau keduanya saling berkaitan erat, jika yg satu naik, maka yg laen juga naek...yg kita tangkap hanya fenomenanya saja..bukan causal effect..bisa jadi ada variable lain yg menyebabkan keduanya naek...peace ah ^_^

    By Anonymous Anonymous, At 10:32 AM  

  • Yang jelas saya tidak suka minuman yang beralkohol, terutama karena rasa...

    By Blogger Just Adam, At 4:01 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home