sekedar pet crepet

Monday, January 07, 2008

Punya KTP Ganda

Ada dua fenomena mengenai pemilikan KTP (kartu tanda penduduk) di Indonesia. Yang pertama adalah tidak semua penduduk dewasa yang memiliki KTP, terutama masyarakat miskin. Gara-gara ini banyak warga miskin tidak bisa menikmati Askeskin dan sebagainya.

Fenomena yang kedua adalah banyaknya warga yang memiliki KTP ganda atau lebih dari satu. Motivasi atau penyebab seseorang punya KTP ganda bisa macam-macam. Ada yang berkilah bahwa salah sendiri kenapa waktu buat KTP, kelurahan/kecamatan gak minta KTP yang lama. Tapi ada juga yang sengaja punya KTP lebih dari satu supaya urusannya lancar di berbagai tempat karena dia tercatat sebagai warga disitu.

Nah ngomong-ngomong motivasi yang terakhir itu, barusan aku lihat iklan pilkada dari salah satu aktor kawakan Indonesia yang dari kecil udah maen film dan hampir semua orang di negara ini tahu. Waktu rame-rame pilkada di DKI dulu, banyak suara yang mengatakan dia mau nyalonin dan dicalonin jadi cawagub, meskipun ternyata tidak jadi. Aku mengasumsikan dia warga DKI kalau gitu, karena gak mungkin kepala daerah dijabat oleh orang luar daerah itu. Tapi kenapa sekarang dia jadi calon kepala daerah di Propinsi Banten? Apa sekarang dia pindah ke Banten? Apa selama ini dia punya KTP ganda dengan alasan punya rumah dimana-mana? Gak ngerti aku rek. Kabar proyek pembuatan nomor identifikasi tunggal gimana nih

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home