sekedar pet crepet

Monday, October 22, 2007

Selamat kepada TELKOMSEL

Saya masih ragu apakah Telkomsel tahu dengan pasti agama dari pelanggan pemegang kartunya satu per satu. Seingatku sih saya belum pernah memberikan data tersebut kepada Telkomsel (kartuku pra bayar).

Tapi surprise lho, beberapa hari kemarin, H+6 lebaran saya dapat SMS dari Telkomsel yang berisi ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Tahu juga dia kalau aku merayakan hari tersebut, batinku sambil bertanya-tanya darimana dia tahu. Telkomsel tentu tidak akan konyol kirim ucapan tersebut ke semua pelanggannya. Akan tidak menyenangkan bagi pelanggan non-muslim yang mendapat SMS tersebut.

Tebakanku mengarah ke satu hal. Telkomsel dengan cerdik menebak agamaku berdasarkan frekuensi SMS-ku satu atau dua hari menjelang lebaran. Menjelang lebaran aku memang kirim sekitar 250-an SMS ke nomor yang ada di address book HP-ku. Logikaku mengatakan, kalau pelangganku kirim lebih dari 100 SMS dengan isi ucapan selamat hari raya Idul Fitri, hampir bisa dipastikan si pengirim juga ikut merayakan hari raya tersebut. Logika seperti itu memang dapat digunakan oleh Telkomsel, dan tentu dengan mudah Telkomsel dapat memanfaatkan data yang mereka miliki untuk itu.

Jika hal itu memang yang terjadi, dari lubuk hati yang paling dalam saya mengucapkan ‘selamat’ kepada Telkomsel yang dengan sukses mampu menggunakan kemampuan data-miningnya. Meskipun kalau boleh usul, ya jangan sampai kirimnya di H+6 dong. hehe.

5 Comments:

  • tapi mas,,kalo begitu teorinya..pada kenyataannya saat ini ga cuma pelanggan muslim saja yang mengirimkan ucapan lebaran/maaf2an di saat hari raya..
    Yah,,saya menerima ucapan serupa dari kawan2 yang non muslim...mungkin Mas Bagus sudah mendaftarkan kartu pra bayar (kalo ga salah, skrang kan wajib tuh...),nah kalo udah berarti telkomsel punya no identitas mas Bagus..
    mungkin Telkomsel punya database kependudukan mas,,jadi ketauan deh agamanya mas Bagus apa :)

    salam,

    -oe-

    By Anonymous Anonymous, At 4:13 PM  

  • kayaknya sih telkomsel gak secanggih yg Pak Bagus kira deh. Kemungkinannya :sms itu dikirim secara acak ke bbrp no alias gak semua pelanggannya dpt ucapan selamat itu. buktinya aku jg pelanggan telkomsel gak dpt tuh ucapan selamat Lebaran yang ada sinyalnya yang sering ilang gak jelas. Karena ngirimnya acak mungkin aja yang non muslim menerima sms tsb. Sudah dicek blm Pak ke teman yg non muslim? -jenny-

    By Anonymous Anonymous, At 5:09 PM  

  • apa yang sesunguhnya dilakukan Telkomsel sih, aku juga gak tahu. untuk menghindari salah kirim bisa diperketat filternya. Yang dikirim hanya yang mengirim lebih dari 100 SMS menjelang 1 ramadhan dan lebih dari 200 SMS menjelang 1 syawal. hehe, whatever lah. tapi feelingku mengatakan telkomsel gak mungkin ngacak begitu saja.

    By Blogger bagusco, At 3:55 PM  

  • Mas Bagus, Tsel blm secanggih itu kok. Dia ngirimnya cuma ke yg keisi field agamanya = Islam. Pasti dia capture data sampeyan somewhere along the way...

    Masalah tebak2an agama dia msh blm berani ambil resiko lah....

    By Blogger Kecik Isisawo, At 5:30 PM  

  • semua pemegang nomor HP itu mendaftar salah satu yg harus diisi adalah no KTP, nah kan di KTP pak bagus ada agamanya ....
    Nanti juga dikirimin ucapan selamat ulang tahun, selamat menempati rumah baru, selamat menempuh hidup baru, selamat sekarang sudah lulus kuliah, selamat atas pernikahan anak anda, dan selamat ..... iya nggk -bakti-

    By Anonymous Anonymous, At 10:40 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home